PROGRAM STUDI AGROTEKNOLOGI

Visi :

Menjadi penyelenggara pendidikan dengan tetap mengedepankan prinsip kemandirian, etika dan moral serta menghasilkan lulusan yang kompeten, memiliki keunggulan dalam budidaya dan teknologi pertanian, serta mampu bersaing ditingkat nasional pada tahun 2025.

Misi : 

  1. Melaksanakan proses pembelajaran yang berkualitas dibidang pertanian.
  2. Melakukan pengembangan pendidikan, pembelajaran, dan penelitian yang inovatif di bidang ilmu Pertanian yang unggul dan berstandar nasional.
  3. Mengembangkan ilmu Pertanian yang relevan dengan perkembangan lingkungan, sosial dan praktek bisnis dan teknologi melalui berbagai penelitian dan pengkajian berbasis studi kasus dengan mengadakan kunjungan ke berbagai bidang pertanian yang mempunyai inovasi, dalam rangka mengembangkan konsep dan pendekatan baru di bidang Pertanian yang diarahkan pada pemecahan masalah pada skala makro nasional, dan skala mikro persoalan kedaerahan.
  4. Melaksanakan pengabdian kepada masyarakat dibidang pertanian yang dilandasi tanggung jawab sosial dan peningkatan kesejahteraan masyarakat petani. Pengabdian kepada masyarakat diarahkan untuk mengabdikan produk berfikir hasil pembaharuan, hasil kajian, produk ilmu pengetahuan yang bermanfaat bagi masyarakat, serta pelatihan-pelatihan bagi mahasiswa dan pelaku di lapangan.
  5. Menjalin kerjasama secara berkelanjutan dengan lembaga pendidikan, lembaga pemerintahan, lembaga swasta dan masyarakat.
  6. Melaksanakan operasional manajemen program studi yang efektif, efisien dan mandiri mengacu kepada standar penjaminan mutu yang dibakukan.

Tujuan program studi sesuai visi dan misi di atas adalah sebagai berikut :

  • Bidang pendidikan dan pengajaran :
  1. Menghasilkan lulusan yang bertaqwa, berperilaku luhur, bertanggung jawab, mandiri dan berjiwa wirausaha.
  2. Mewujudkan lulusan yang memiliki kemampuan penguasaan teori yang kuat dan kemampuan praktek secara profesional.
  3. Mewujudkan lulusan yang mampu menganalisis persoalan pertanian yang terjadi ditengah-tengah masyarakat.
  4. Mewujudkan lulusan yang mampu mengaplikasikan teknologi pertanian ditengah-tengah masyarakat dengan mengedepankan prinsip etika dan moral.
  5. Mengembangkan sikap mental profesional yang berorientasi pada pemecahan masalah pertanian berdasarkan alur berpikir sistem.
  6. Mewujudkan mahasiswa yang mampu dalam pemecahan masalah pertanian secara komprehensif.
  7. Mewujudkan Program Studi Agroteknologi menjadi pusat belajar dengan lingkungan belajar mengajar yang kondusif, inovatif, kreatif, dan produktif.
  8. Mewujudkan kejujuran akademik sebagai dasar sikap mental profesional dalam keseluruhan proses belajar mengajar.
  • Bidang penelitian :
  1. Menghasilkan kajian teoritis konsepsional berdasarkan tuntutan dan perkembangan zaman.
  2. Menghasilkan mahasiswa yang mampu untuk membaca dan mencerna pemikiran ilmiah dalam pengembangan konsep baru untuk pemberdayaan praktek pertanian.
  3. Menghasilkan penelitian dasar dalam bidang teknologi pertanian untuk memperkaya konsep.
  4. Menghasilkan penelitian terapan dalam bidang pertanian untuk memberikan nilai tambah pada aplikasi praktis Pertanian.
  • Bidang pengabdian kepada masyarakat dan kerjasama :
  1. Mewujudkan penelitian dan studi kasus yang relevan untuk mendukung kebutuhan dunia praktisi dan kemajuan dunia akademik.
  2. Pemberian pengetahuan di bidang pertanian kepada masyarakat sehingga tercipta masyarakat madani yang memahami, mematuhi dan menjalankansistem pertanian.