Rektor UPMI, Bangga Permainan Rakyat dan Olahraga Tradisional Masuk Kampus

 Dalam upaya menggairahkan kembali olahraga tradisional Indonesia, komite permainan rakyat dan olahraga tradisional Indonesia (KPOTI Sumut) terus melakukan silaturahmi sekaligus membangun sinergi dengan dunia pendidikan.

Kali ini KPOTI berkunjung ke Universitas Pembinaan Masyarakat Indonesia (UPMI) dan disambut langsung oleh Rektor UPMI bapak DR H Ali Mukhti Tanjung SH MM serta didampingi oleh Kaprodi Pendidikan Jamani Kesehatan dan Rekreasi bapak Dicky Daulay MPd, Kamis (05/3/2020).

Dalam sambutannya, Ketua Umum KPOTI Sumut Agustin Sastrawan Harahap SPd MPd menyampaikan bahwa kehadiran KPOTI di kampus UPMI sebagai langkah untuk terus menanamkan kembali nilai-nilai kebudayaan kepada para mahasiswa.

“Ada kekhawatiran dari kami budaya khas bangsa ini lamban laun akan musnah karena tergerus oleh perkembangan arus tekhnologi dan globalisasi. Generasi kita seolah acuh terhadap budaya bangsanya sendiri, kita sudah terkontaminasi dengan budaya luar yang sebenarnya sangat bertentangan dengan nilai-nilai luhur Pancasila. Bahkan bangsa ini hampir kehilangan identitas diri karena masuknya budaya luar yang tentu mempengaruhi karakter dan cara berfikir kita,” ucapnya.

Kampus sebagai lembaga pendidikan memiliki tanggung jawab besar membentuk dan mengembalikan jati diri bangsa ini, karena dikampuslah mereka ditempah dan dibentuk untuk melanjutkan kepemimpinan bangsa dimasa yang akan datang.

Oleh karenanya, KPOTI Sumut akan terus bersinergi dengan kampus untuk menggelorakan dan membudayakan kembali budaya Nusantara lewat permainan rakyat dan olahraga tradisional Indonesia.

Rektor UPMI DR Ali Mukhti Tanjung SH MM sangat bangga dengan hadirnya KPOTI Sumut ke lingkungan kampus.

“Saya sangat bangga dengan KPOTI. Kepedulian dan semangat untuk tetap melestarikan dan membumikan kembali permainan rakyat dan olahraga tradisional. Saya berkeyakinan akan banyak yang mendukung langkah adik-adik,” imbuhnya.

Ditambahkannya lagi pintu masuk pelestarian dan pembudayaan permainan rakyat dan olahraga tradisional tepat dilakukan dikalangan pendidikan, UPMI dalam hal ini juga memiliki kewajiban untuk mengkampanyekan hal ini kepada mahasiswa dan alumninya yang kini sudah banyak mengabdikan diri di lingkungan pendidikan. Berita Medan, red

Share this post