UPMI Miliki Prodi yang Tak Dimiliki Universitas Lain

Universitas Pembinaan Masyarakat Indonesia (UPMI) bermula dari sekolah-sekolah tinggi yang berada dibawah binaan Yayasan Universitas Pembinaan Masyarakat Indonesia (YUPMI) yang terdiri dari Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi, Sekolah Tinggi Teknik, Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi, Sekolah Tinggi Pertanian.


Rektor UPMI Drs H Ali Mukti Tanjung SH MM, mengatakan adapun program studi yang dimililiki untuk S2, ada Magister Ilmu Administrasi,Konsentrasi; Administrasi Pemerintahan DaerahAdministrasi PendidikanAdministrasi Bisnis.

Sedangkan untuk Magister Ilmu Hukum, Konsentrasi :Hukum Pidana, Hukum Perdata, Hukum Ekonomi.

“Untuk Sarjana I (S1) ada Fakultas Ilmu Administrasi dengan program Studi Ilmu Administrasi Negara. Untuk Fakultas Hukum ada Program Studi Ilmu Hukum. Untuk Fakultas Ekonomi, ada Program Studi Manajemen. Fakultas Pertanian ada Program Studi Agroteknologi. Untuk Fakultas Teknik adaProgram Studi Teknik Mesin, Sipil, dan Elektro. Untuk Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan ada Program Studi Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi (PJKR), dan Pendidikan Bahasa Inggris,” katanya.

Ia menuturkan untuk Administrasi Pemerintahan Daerah dan Administrasi Pendidikan, UPMI merupakan satu-satunya universitas swasta di Medan yang memiliki kedua jurusan tersebut.

Untuk konsentrasi akademi pendidikan, ia mengatakan lulusannya tidak akan bergelar MPd karena lulusannya tidak hanya difokuskan untuk menjadi tenaga pengajar.

Hal ini juga membuat konsentrasi ini bisa dimasuki oleh lulusan fakultas lain. Pemilihan ketiga konsentrasi ini dikatakan Mukti memang berbeda dengan yang ada di universitas lain. Ia menuturkan perbedaan ini menjadi nilai tambah dan sekaligus daya tarik di kampus.

Konsentrasi yang disediakan pun konsentrasi yang lapangan pekerjaannya luas dan dibutuhkan masyarakat,” ucapnya.

Artikel ini telah tayang di tribun-medan.com dengan judul UPMI Miliki Prodi yang Tak Dimiliki Universitas Lain, https://medan.tribunnews.com/2017/09/08/upmi-miliki-prodi-yang-tak-dimiliki-universitas-lain.

Editor: akb lama

Share this post