UPMI Medan Komitmen Lahirkan Lulusan Berkualitas, Padukan Kuliah Berbasis Teori dan Praktik

Dalam mewujudkan visinya sebagai wadah pembinaan masyarakat Indonesia melalui kegiatan tridarma perguruan tinggi menuju masyarakat Indonesia yang mandiri tahun 2025, Universitas Pembinaan Masyarakat Indonesia (UPMI) Medan berkomitmen kuat untuk melahirkan lulusan-lulusan yang berkualitas dan berdaya saing kuat.

Hal ini diungkapan oleh Rektor UPMI Medan, Dr. H. Ali Mukti Tanjung, SH, MM saat ditemui di ruang kerjanya, Selasa (14/8/2018).

Dalam proses mewujudkan komitmen tersebut, Dr. Ali Mukti pada periode kedua kepemimpinannya (2015-2020), mengatakan pihaknya tidak hanya menerapkan pembelajaran secara teori tetapi juga melibatkan mahasiswa dalam praktik di lapangan kerja.

Menurutnya jika mahasiswa saat ini hanya diberikan perkuliahan yang sifatnya lebih banyak teori, maka mahasiswa sebenarnya sudah bisa menggunakan internet, membuka di buku, atau mencari di Google. Namun, kata Ali akan berbeda jika dengan praktik langsung di lapangan yang akan membuat mahasiswa yang belum memahami secara langsung jadi lebih paham.

“Untuk bersaing itu maka kami menerapkan pembelajaran yang tidak hanya sekedar teori. Banyak kita libatkan mahasiswa dalam kunjungan belajar, pembelajaran lapangan dan magang,” ujarnya.

Selain itu, pihaknya juga terus mendorong para mahasiswa UPMI agar memiliki kemampuan bahasa Inggris dan IT. Sehingga setelah lulus mampu mengolah informasi dan mencari informasi dengan baik.

“Kemampuan bahasa Inggris dan IT penting, dan dua hal itu dituntut mampu mengolah data, mampu kuasai informasi dan teknologi, apalagi informasi juga banyak dalam bahasa Inggris,” sambungnya.

Sementara itu, untuk mendukung setiap proses pembelajaran, Ali juga mengatakan bahwa UPMI yang beralamat di jalan Teladan No.15B Medan juga sudah memiliki fasilitas yang cukup memadai baik itu ruang pembelajaran di tiga gedung kampus, perpustakaan dan laboratorium. Selain itu, mahasiswa juga diajar oleh dosen-dosen berkompeten dengan jumlah dosen yang cukup.

“Saat ini UPMI sudah punya tiga gedung. Ditambah lagi UPMI sudah memiliki auditorium dengan kapasitas 1000 orang, jadi kami tidak perlu lagi menyewa gedung untuk wisuda. Dan saat ini juga proses pembangunan juga mesjid kampus dan perpustakaan di kampus 2,” terangnya.

Artikel ini telah tayang di tribun-medan.com dengan judul UPMI Medan Komitmen Lahirkan Lulusan Berkualitas, Padukan Kuliah Berbasis Teori dan Praktik, https://medan.tribunnews.com/2018/08/14/upmi-medan-komitmen-lahirkan-lulusan-berkualitas-padukan-kuliah-berbasis-teori-dan-praktik.
Penulis: Chandra Simarmata

Share this post