Pedoman Akademik

KATA PENGANTAR

 

Assalamu’alaikum Wr. Wb

Dengan mengucapkan puji syukur kehadirat Allah SWT yang telah melimpahkan Rahmat dan Karunia-Nya serta kesehatan sehingga Buku Pedoman UPMI ini dapat diselesaikan dengan baik.

Buku ini merupakan Pedoman dan Panduan didalam pelaksanaan Sistem pendidikan dan pengajaran di lingkungan UPMI Medan, yang hakikatnya mencerminkan proses belajar mengajar demi kelancarannya perlu didukung untuk lebih terarah terhadap tujuan yang ingin dicapai sesuai Visi dan Misi UPMI.

Mudah-mudahan melalui usaha penerbitan buku pedoman ini akan lebih mempermudah  kita untuk  menyelesaikan program belajar mengajar.

Akhirul kalam, kami atas nama keluarga besar UPMI tidak lupa mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu kami dalam penyusunan buku pedoman UPMI.

 

Medan,    15 September 2014

Rektor,

 

Dr. H. Ali Mukti Tanjung, Drs.,SH.,MM

 

ARTI LAMBANG :

1

 

 

 

2

 

 

 

 

3

 

 

 

4

 

 

5

 

6

 

 

7

 

 

 

8

 

9

Bunga Melati

 

 

 

Dua helai daun

 

 

 

 

Padi dan Kapas

 

 

 

17 Butir padi

 

 

8 Tangkai kapas

 

Pertemuan tangkai kapas dan padi

 

Lingkaran bulat

 

 

 

Segi enam

 

Segia lima

Merupakan lambang perjuangan yang suci untuk mencapai adil, makmur yang berazaskan Pancasila dan UUD 1945

 

Generasi muda yang berilmu taat beragama siap menerima estapet untuk menjadi generasi penerus di persada Bumi Indonesia tercinta

 

Suatu perwujudan ilmu dan alam untuk melahirkan kemakmuran di bidang sandang dan pangan

 

Tanggal hari kemerdekaan Republik Indonesia

 

Bulan kemerdekaan Republik Indonesia

 

Adil dan makmur diperoleh melalui pembinaan persatuan dan kesatuan bangsa

 

Suatu kebulatan tekad untuk mencapai jaya antara Yayasan pelaksana, Dosen, Staf dan Mahasiswa UPMI

 

Rukun Iman yang enam

 

Lima sila dari Pancasila

 

BENDERA UNIVERSITAS

 1. Warna Biru langit                        : Bendera UPMI

2. Warna Biru tua                            : Bendera Fakultas Ilmu Administrasi

3. Warna Hijau Tua                        : Bendera Fakultas Hukum

4. Warna Coklat                              : Bendera Fakultas Pertanian

5. Warna Kuning telur                    : Bendera Fakultas Ekonomi

6. Warna Orange                             : Bendera Fakultas Teknik

7. Warna Hijau Muda                    : Bendera Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan

  

IKRAR MAHASISWA

 Kami Mahasiswa UPMI, berkewajiban menjunjung tinggi nama baik UPMI, dalam setiap waktu dimana saja berada

  1. Kami Mahasiswa UPMI, berabdi setia, rohani dan jasmani untuk mensejahterakan UPMI, Nusa dan Bangsa
  2. Kami Mahasiswa UPMI, bertanggungjawab atas keselamatan dan kesejahteraan negara, bangsa, mempertahankan sesuai norma-norma hukum yang berlaku.
  3. Kami mahasiswa UPMI, menghormati kebebasan ilmiah dan keyakinan agama masing-masing

 

TRI DHARMA PERGURUAN TINGGI 

 

  1. Pendidikan dan Pengajaran
  2. Penelitian ilmiah
  3. Pengabdian pada Masyarakat

 

 BAB I

PENDAHULUAN

 

A.    SEJARAH RINGKAS UNIVERSITAS PEMBINAAN MASYARAKAT INDONESIA (UPMI)

 

Universitas Pembinaan Masyarakat Indonesia (UPMI) bermula dari sekolah tinggi yang berada dibawah binaan Yayasan Universitas Pembinaan Masyarakat Indonesia (YUPMI) yang terdiri dari Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi, Sekolah Tinggi Teknik, Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi, dan Sekolah Tinggi Pertanian. Dimana yang pertama berdiri adalah Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi YUPMI ditandai dengan keluarnya SK Mendikbud RI No. 0531/0/1985 tanggal 13 Nopember 1985 tentang pemberian Status Terdaftar bagi Jurusan Administrasi Negara Strata S1 dan Administrasi Niaga Program D III. Selanjutnya untuk 3 sekolah tinggi lain yaitu: SK Mendikbud RI No.0523/0//1989 tanggal 31 Agustus 1989, tentang pemberian Status Terdaftar  Sekolah Tinggi Pertanian Jurusan Budi Daya Pertanian, SK Mendiknas RI No.0554/0/1989 tanggal 5 September 1989, tentang pemberian Status Terdaftar Sekolah Tinggi Teknik untuk Jurusan Teknik Mesin,  SK Mendiknas RI No.0555/0/1989 tanggal 5 September 1989 tentang pemberian Status Terdaftar Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi untuk Jurusan Ilmu Administrasi Negara dan Ilmu Administrasi Niaga Jenjang S.1 dan D.3, SK Mendikbud RI No. 0198/1991 tanggal 12 April 1991, tentang pemberian Status Terdaftar Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi  untuk Jurusan Manajemen.

Perkembangan selanjutnya berdasarkan SK Mendikbud RI Nomor 0649/O/1991 tanggal 17 Desember 1991 tentang perubahan 4 sekolah tinggi di lingkungan YUPMI dilebur menjadi Universitas Pembinaan Masyarakat Indonesia,  yang terdiri dari Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi YUPMI menjadi Fakultas Ilmu Administrasi Negara, Sekolah Tinggi Teknik YUPMI menjadi Fakultas Teknik, Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi YUPMI menjadi Fakultas Ekonomi, Sekolah Tinggi Pertanian YUPMI menjadi Fakultas Pertanian, dan dalam SK yang sama disertai dengan  berdirinya Fakultas Hukum. Pada saat sekarang UPMI telah membina 5 fakultas dan 10 program studi, yaitu: Fakultas Ilmu Administrasi: 4 program studi (Program Studi Ilmu Administrasi Negara untuk program S1/DIII dan Program Studi Ilmu Administrasi Niaga S1/DIII); Fakultas Ekonomi: 1 program studi (Program Studi Ilmu Ekonomi dan Studi Pembangunan dan Program Studi  Manajemen; Fakultas Hukum  program studi  (Program Studi Hukum Keperdataan); Fakultas Teknik: 3 program studi (Program Studi Teknik Mesin, Program Studi Teknik Sipil, dan Program Studi Teknik Elektro); dan terakhir Fakultas Pertanian: 1 program studi yaitu Program Studi Budi Daya Pertanian.

Perkembangan dari waktu ke waktu fakultas dan program studi yang ada di UPMI terjadi perubahan status yang dapat diuraikan sebagai berikut: berdasarkan SK Mendikbud RI No. 0675/0/1991 tanggal 28 Desember 1991 tentang Pemberian Status Terdaftar Fakultas Hukum Program Studi Hukum Keperdataan, SK Mendikbud RI  No. 07/Dikti/Kep/1996 tanggal 5 Januari 1996 tentang kenaikan Status Program Studi Hukum Keperdataan Fakultas Hukum dari Terdaftar menjadi Diakui dan dimerger menjadi Program Studi Ilmu Hukum. 

Kemudian sekarang Semua Program Studi yang ada di lingkungan UPMI sudah Terakreditasi oleh BAN PT (Badan  Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi) Departemen Pendidikan Nasional Republik Indonesia sebagai berikut :

  1. Fakultas Ilmu Administrasi Program Studi Ilmu Administrasi Negara Jenjang Program S1 dengan SK BAN PT Nomor : 024/BAN-PT/Ak-XV/S1/VIII/2012 tanggal 10 Agustus 2012,
  2. Fakultas Hukum Program Studi Ilmu Hukum dengan SK BAN PT Nomor : 035/BAN-PT/Ak-XI/S1/I/2009 Tanggal 10 Januari 2009,
  3. Fakultas Ekonomi Program Studi Manajemen dengan SK BAN PT Nomor : 045/BAN-PT/Ak-XII/S1/II/2010 Tanggal 5 Pebruari 2010,
  4. Fakultas Pertanian Program Studi Agroteknologi (Agronomi) dengan SK BAN PT Nomor : 001/BAN-PT/Ak-XIV/S1/V/2011 Tanggal 6 Mei 2011
  5. Fakultas Teknik Program Studi  :
    1. Teknik Mesin Terakreditasi SK BAN PT Nomor : 045/BAN-PT/Ak-XII/S1/II/2010 Tanggal 5 Pebruari 2010
    2. Teknik Sipil Terakreditasi SK BAN PT Nomor : 049/BAN-PT/Ak-XII/S1/III/2010 Tanggal 19 Maret 2010
    3. Teknik Tlektro Terakreditasi SK BAN PT Nomor : 042/BAN-PT/Ak-XII/S1/I/2010 Tanggal 22 Januari 2010
  6. Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan :
    1. Program Studi Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi (PJKRS) dengan SK 134/E/O/2013 tanggal 18 April 2013
    2. Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris, Agustus 2013
  7. Pascasarjana :
    1. Program Magister Ilmu Administrasi (S2) dengan SK 10734/D/T/K-I/2012 tanggal 29 Pebruari 2012, SK BAN PT Nomor : 011/BAN-PT/Ak-X/S2/VIII/2012 Tanggal 3 Agustus 2012.
    2. Program Magister Ilmu Hukum Konsentrasi Hukum Pidana, Hukum Perdata, dan Hukum Ekonomi, Agustus 2013

 

 B.    Visi, Misi Universitas Pembinaan Masyarakat Indonesia

V i s i  :

MENCIPTAKAN SUMBER DAYA MANUSIA GUNA MEMBERHASILKAN GENERASI YANG BERIPTEK, BERMORAL, BERWAWASAN, MEMILIKI JIWA DAN SEMANGAT KERAKYATAN YANG MANDIRI 

M i s i  :

MENYELENGGARAKAN TRI DHARMA PERGURUAN TINGGI YANG BERKUALITAS GUNA MENDUKUNG TERWUJUDNYA PENGISIAN LAPANGAN KERJA YANG DIBUTUHKAN SERTA MAMPU MENICPTAKAN LAPANGAN KERJA BARU

C.    TUJUAN PENDIDIKAN

        1.     Tujuan Pendidikan Nasional

Tujuan pendidikan untuk program sarjana menurut Surat Keputusan Menteri Pendidikan Nasional No. 232/U/2000 pasal 3 ayat 2 yaitu :

  1. Menguasai dasar-dasar ilmiah dan keterampilan dalam bidang keahlian tertentu sehingga mampu menemukan, memahami, menjelaskan dan merumuskan cara penyelesaian masalah yang ada di dalam kawasan keahliannya.
  2. Mampu menerapkan ilmu pengetahuan dan keterampilan yang dimilikinya sesuai dengan bidang keahliannya dalam kegiatan produktif dan pelayanan kepada masyarakat dengan sikap dan perilaku yang sesuai dengan tata kehidupan bersama.
  3. Mampu bersikap dan berperilaku dalam membawakan diri berkarya dibidang keahliannya maupun dalam berkehidupan bersama di masyarakat.
  4. Mampu mengikuti perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi, dan/atau kesenian yang merupakan keahliannya.

 

2.     Tujuan UPMI Medan

Dengan mengacu pada tujuan pendidikan nasional dan statuta UPMI tujuan pendidikan Sarjana Strata Satu (S1) UPMI adalah menciptakan Sarjana yang berkualifikasi sebagai berikut :

  1. Bertaqwa, berakhlak, terampil berilmu dan beramal ilmiah
  2. Berjiwa pancasila, memiliki integritas kepribadian yang tinggi sebagai Sarjana
  3. Bersifat terbuka, tanggap terhadap perubahan dan kemajuan ilmu dan teknologi maujpun masalah yang dihadapi masyarakat, khususnya masalah yang berkaitan dengan bidang keahlian lainnya.
  4. Mampu mengenal, mengamati dan melakukan pendekatan dan penalaran permasalahan berdasarkan bidang ilmu masing-masing
  5. Mempunyai bekal dasar ilmu pengetahuan yang cukup untuk melanjutkan pendidikan
  6. Memiliki dasar pengetahuan umum dan pengetahuan profesi yang cukup untuk dapat memperluas pandangannya.
  7. Mampu menganalisa masalah didalam masyarakat.
  8. Mampu menggunakan bidang ilmu yang dimiliki sebagai sarana untuk memecahkan masalah sosisal dan politik dengan bijaksana

Penyelenggaraan kegiatan untuk mencapai tujuan dan maksud di atas berpedoman pada :

    • Tujuan Pendidikan Nasional
    • Tugas Pendidikan Universitas
    • Kaidah, Moral dan Etika Ilmu Pengetahuan
  • Kepentingan masyarakat serta memperhatikan minat, kemampuan dan prakarsa pribadi.

D.    SISTEM PENDIDIKAN

Sistem pendidikan dan pengajaran yang diselenggarakan oleh UPMI mengacu pada Surat Keputusan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia No. 232/U/2000 tentang Pedoman Penyusunan Kurikulum Pendidikan Tinggi dan Penilaian Hasil Belajar serta SK No. 045/U/2002 tentang Kurikulum Inti Pendidikan Tinggi.

Sistem Satuan Kredit (SKS) telah diterapkan langsung dengan jumlah 146 SKS.

E.    KELEMBAGAAN

Untuk menunjang pelaksanaan (catur dharma) Tri Dharma Perguruan Tinggi yang meliputi Pendidikan, Penelitian dan Pengabdian Masyarakat di lingkungan UPMI dikembangkan dan dibina kegiatan kelembagaan yang meliputi :

  1. Perpustakaan

Perpustakaan merupakan sarana penunjang kelancaran proses belajar mengajar. Usaha penambahan buku-buku terus dilakukan mengingat tuntutan zaman yang semakin kompetitif dan ditambah kurikulum dan silabi yang diberlakukan pada  masing-masing Program Studi. Perpustakaan dalam meningkatkan pelayanan dan tertib administrasi telah menggunakan pelayanan secara terbuka (open access).

2.     Laboratorium Bahasa Inggris

Guna menunjang  kelancaran kegiatan proses belajar mengajar UPMI telah menyediakan laboratorium Bahasa dalam rangka meningkatkan pelayanan kepada mahasiswa dan dosen untuk meningkatkan kemampuan berbahasa khususnya bahasa inggris, sehingga mampu bersaing sesuai dengan perkembangan akan kebutuhan penguasaan berbahasa inggris.

3.       Laboratorium Komputer

Guna menunjang  kelancaran kegiatan proses belajar mengajar di UPMI telah dibentuk laboratorium komputer dalam rangka meningkatkan pelayanan kepada mahasiswa dan Fakultas ini digunakan oleh dosen untuk pengolahan data penelitian maupun praktek bagi mahasiswa dalam pengolahan data. Selain itu UPMI senantiasa meng-up-grade dan menambah fasilitas komputer yang dimiliki seiring dengan perkembangan kebutuhan dan kemajuan teknologi.

 

 

BAB II

ORGANISASI DAN PERSONALIA

 

  1. A.      STRUKTUR ORGANISASI

        Struktur Organisasi UPMI tahun 2012 – 2017 adalah sebagai berikut :

 B. PERSONAL STRUKTUR

   Susunan Personalia UPMI :

 

  1. a.       Struktur Organisasi Yayasan

Ketua                                                 : Dra. Hj. Nur’aini Harahap

b.     Struktur & Bagan Organisasi UPMI Medan

        1.     Unsur Pimpinan

                a. Rektor                                   : Drs. H. Ali Mukti Tanjung, SH.,MM

                b. Pembantu Rektor I             : H. Dahris Siregar, SH.,MH

                c. Pembantu Rektor II            : Dra. Hj. Tetty D. Siregar, MM

                d. Pembantu Rektor III          : Budi Alamsyah Siregar, SE.,MM

 

 2.     Unsur Pelaksana Akademik

 a. FAKULTAS ILMU ADMINISTRASI :

1. Dekan                             : Drs. Mananda Situmorang, MSi.

2. Pembantu Dekan I         : Dra. Harneny Pane, M.Si

3. Pembantu Dekan II        : Drs. Hj. Tetty D. Siregar, MM

4. Pembantu Dekan III      : Drs. Elazhari, M.Si

5. Ketua Program Studi      : Mahyudin Situmeang, S.Sos, M.Si

6. Sekretaris                       :

7. Kepala Tata Usaha        : Bob Nazaruddin S. Harahap, SH

 

b.     FAKULTAS EKONOMI :

1. Dekan                            : Drs. H. M. Ali Musri S., M.Si

2. Pembantu Dekan I         : Budi Alamsyah Siregar, SE.,MM

3. Pembantu Dekan II        : Dewi Suma, SE.,MM

4. Pembantu Dekan III      :

5. Ketua Program Studi      : Dra. Yuanita, M.Si

6. Sekretaris                      : Ahmad Karim, SE.,MM

7. Kepala Tata Usaha        : Nurul Dalimunthe, S.Sos.,M.Si

 

c.        FAKULTAS HUKUM

1. Dekan                            : Al. Umry, SH.M.Hum

2. Pembantu Dekan I         : Pantas Sianturi, SH.M.Hum

3. Pembantu Dekan II        : H. Dahris Siregar, SH., MH

4. Pembantu Dekan III      : Kesatria Tarigan, SH., M.Hum  

5. Ketua Program Studi      : Al Umry, SH.M.Hum

6. Sekretaris                      : Ahmad Qirom Meliala, SH.,MM

7. Kepala Tata Usaha        : Dra. Sarianum Tanjung, M.Si

 

d. FAKULTAS PERTANIAN

1. Dekan                            : Ir. H. Darsiman B., MS

2. Pembantu Dekan I         : Ir. Edison Sibagariang, MP

3. Pembantu Dekan II        : Hj. Evi Syafriani Siregar, SP, M.Pd

4. Pembantu Dekan III      : Ir. Razali, MP        

5. Ketua Program Studi      : Wismaroh Sanniwati Br. Saragih, SP,M.Si

6. Sekretaris                      : Ir. Zulkifli, M.Si

7. Kepala Tata Usaha        : Dra. Saima Rambe, M.Si

 

  1. e.        FAKULTAS TEKNIK

1. Dekan                                : Ir. H. Yakmuri Lubis, SH.,MM.,MT

2. Pembantu Dekan I         : Ir. Ahmad Sani

3. Pembantu Dekan II        : Rio Ritha Sembiring, S.Si.,M.Com

4. Pembantu Dekan III      : Palitan, ST

5. Ketua Program Studi      - Teknik Mesin        : Ir. Yakmuri, SH.,MM

                                            - Teknik Sipil          : Riah Ukur Ginting, S.Si.,M.Cs

                                            - Teknik Elektro   : Palitan, ST     

6. Sekretaris Prodi                - Teknik Mesin     : Faimal Rifai, ST.,M.Si

                                            - Teknik Sipil        : Yunita Pane, ST., M.Si

                                            - Teknik Elektro   : Syamsul Anwar, ST,M.Si

7. Kepala Tata Usaha        : Ahmad Sudirja, ST

 

  1. f.  FAKULTAS KEGURUAN & ILMU PENDIDIKAN

1. Dekan                                : Drs. Alinur, M.Pd

2. Pembantu Dekan I         : Dra. Srialam Sitepu, M.Pd

3. Pembantu Dekan II        : Dra. Hj. Tetty D. Siregar, MM

4. Pembantu Dekan III      : Dra. Ratna Sari Dewi Harahap, M. Si

5. Kepala Tata Usaha         : Rabiyah Adawiyah,S.Pd

 

5. Prodi Pedidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi         

    Ketua                                 : Susanto, S.Or., M.Or

    Sekretaris                          : Felix Rifialdi, S.Pd.Kor., M.Or

 

6. Ketua Prodi Pendidikan Bahasa Inggris

    Ketua                                 : Dra. Nurhaida Harahap, M.Hum

    Sekretaris                          : Nurbaity, S.Sos

 

  1. g.       PROGRAM PASCASARJANA

1. Direktur                                 : Dr. H. Didin Muhafidin, S.IP.,M.Si

2. Sekretaris                              : Dr. H. Amin Ibrahim, Drs.,MA

3. Kepala  Tata Usaha           : Ahmad Karim, SE.,MM

 

Program Magister Ilmu Administrasi :

        1. Ketua                                 : Dr. H. Didin Muhafidin, S.IP.,M.Si

        2. Sekretaris                          : Dr. H. Gunawan Undang, Drs.,M.Si

       

Program Magister Ilmu Hukum :

        1. Ketua                                 : Dr. H. Bambang Sutrisno, SH.,MH

        2. Sekretaris                          : Dr. H. Turmudzi, SH.,MH

       

h.     Kepala Perpustakaan                         : Alwin Ridho Lase, SH

i.      Kepala Lab. Komputer                      : Riah Ukur Ginting, S.Si.,M.Cs

j.      Kepala Lab. Bahasa Inggris              : Dra. Nurhaida Harahap, M.Hum

k.     Ketua LP3M                                         : Drs. Mananda Situmorang, M.Si

l.      Sekretaris LP3M                                  : Dra. Harneny Pane, M.Si

 

BAB III

PERATURAN UMUM AKADEMIK

 

A. PERATURAN SISTEM KREDIT SEMESTER

            Sistem yang dipergunakan dalam penyelenggaraan pendidikan UPMI adalah Sistem Kredit Semester. Sistem Kredit Semester adalah sistem penyelenggaraan pendidikan yang menggunakan Sistem Kredit Semester (SKS) untuk menyatakan beban studi mahasiswa, beban kerja dosen, beban pengalaman belajar, dan beban penyelenggaraan program. Semester adalah satuan waktu kegiatan yang terdiri atas 16 sampai 19 minggu kuliah atau kegiatan terjadwal lainnya. Berikut kegiatan iringannya, termasuk 2 sampai 3 minggu kegiatan evaluasi.

            Sistem Kredit Semester (SKS) adalah takaran  penghargaan terhadap pengalaman belajar yang diperoleh selama satu semester melalui kegiatan terjadwal perminggu sebanyak 1 jam perkuliahan atau 2 jam praktikum, atau 4 jam kerja lapangan, yang masing-masing diiringi oleh sekitar 1-2 jam kegiatan mandiri dan ditambah 1,5 jam perkuliahan responsi untuk mata kuliah tertentu. Oleh karena ada perbedaan minat, bakat dan kemampuan masing-masing mahasiswa, baik cara dan waktu untuk menyelenggarakan beban studi yang diwajibkan maupun waktu dan komposisi mata kuliah tidak harus sama untuk setiap mahasiswa.

 

 

B. CIRI-CIRI SISTEM KREDIT SEMESTER

Ciri-ciri Sistem Kredit Semester adalah :

  1. Tidak ada kenaikan tingkat pada setiap tahun ajaran
  2. Jumlah kredit semester, kompensasi pengambilan mata kuliah, dan waktu penyelesian studi tiap semester yang diambil tidak harus sama antara mahasiswa yang satu dengan mahasiswa yang lain.
  3. Bobot setiap mata kuliah dihargai dengan SKS
  4. Beban SKS untuk kegiatan pendidikan yang berlainan tidak harus sama didasarkan atas banyaknya jam yang digunakan setiap minggunya.
  5. Kegiatan pendidikan terdiri atas kegiatan wajib dan pilihan, kegiatan pendidikan wajib diikuti semua mahasiswa dalam jenjang pendidikan tertentu. Sedangkan kegiatan pendidikan pilihan disediakan untuk memenuhi beban pendidikan yang diwajibkan dan merupakan saluran  minat, bakat dan kemampuan masing-masing mahasiswa dalam pendidikan tertentu.

 

C.    KURIKULUM

            Kurikulum UPMI disusun berdasarkan surat keputusan Menteri Pendidikan Nasional No. 232/U/2000 tetang Pedoman Penyusunan Kurikulum Pendidikan Tinggi dan Penilaian Hasil Belajar Mahasiswa dan Surat Keputusan Menteri Pendidikan Nasional No. 045/U/2002. tentang Kurikulum Inti Perguruan Tinggi Pasal 2 ayat 1 Surat Keputusan Menteri Pendidikan Nasional No. 232/U/2000 menyatakan bahwa pendidikan akademik bertujuan menyiapkan peserta didik untuk menjadi anggota masyarakat yang memiliki kemampuan akademik dalam menerapkan, mengembangkan dan atau memperkaya khazanah ilmu pengetahuan. Teknologi dan/atau kesenian, serta menyebarluaskan dan  mengupayakan untuk meningkatkan taraf kehidupan masyarakat dan memperkaya kebudayaan nasional.

            Kurikulum Institusional program sarjana terdiri atas :

  1. Mata Kuliah Pengembangan Keperibadian (MKP) yang terdiri atas matakuliah yang relevan dengan tujuan pengayaan wawasan, pendalamn tntensitas pemahaman dan penghayatan MPK inti.
  2. Mata Kuliah Keilmuan dan Keterampilan (MKK) yang terdiri atas mata kuliah yang relevan untuk memperkuat penguasaan dan memperluas wawasan kompetensi keilmuan atas dasar keunggulan kompetitif serta komparatif penyelenggaraan program studi bersangkutan.
  3. Mata Kuliah Keahlian Berkarya (MKB) yang terdiri atas mata kuliah yang relevan, bertujuan untuk memperkuat penguasaan dan memperluas wawasan kompetensi keahlian dalam berkarya di masyarakat sesuai dengan keunggulan kompetitif serta komparatif penyelenggaraan program studi bersangkutan.
  4. Mata Kuliah Perilaku Berkarya (MPB) yang terdiri atas mata kuliah yang relevan, bertujuan untuk memperkuat penguasaan dan memperluas wawasan perilaku berkarya dengan ketentuan yang berlaku di masyarakat untuk setiap program studi.
  5. Mata Kuliah Berkehidupan Bermasyarakat (MBB) yang terdiri atas mata kuliah yang relevan dengan upaya pemahaman serta penguasaan ketentuan yang berlaku dalam berkehidupan dimasyarakat, baik secara nasional maupun global, yang membatasi tindak kekaryaan seseorang sesuai dengan kompetensi keahliannya.

 

 

Terjemahkan

Kalender Akademik

    « Oct 2017 »
    M S S R K J S
    1 2 3 4 5 6 7
    8 9 10 11 12 13 14
    15 16 17 18 19 20 21
    22 23 24 25 26 27 28
    29 30 31 1 2 3 4
    5 6 7 8 9 10 11

Survey Pendapat

    Menurut Anda Bagaimana Tampilan menu Website ini ?

     

Pesan Singkat

Layanan Online

    Informasi
    BAAK
    Program Studi
    Unit Lab